Headline News

header-int

Verifikasi Tahap II Terhadap Pemanfaatan Lahan Pekarangan KWT Oleh Tim Penilai Dinas Pangan Propinsi

Selasa, 08 Okt 2019, 09:03:35 WIB - 53 | Enggia Pradipta, M.Pd
Verifikasi Tahap II Terhadap Pemanfaatan Lahan Pekarangan KWT Oleh Tim Penilai Dinas Pangan Propinsi

Verifikasi lapangan oleh Tim Penilai Dinas Pangan Propinsi Sumatera Barat ke KWT Kelok Indah Nagari Kambang Timur Kecatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan pada hari ini Senin, 07 Oktober 2019. Verifikasi yang dilakukan oleh tim Dinas Pangan Propinsi ini dihadiri oleh Camat Lengayang, Walinagari Kambang Timur, dan Tim yang didampingi oleh Dinas Pangan Kabupaten Pesisir Selatan, yang diwakili oleh Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan dan Kasi Konsumsi Pangan.

Verifikasi ini merupakan tahap ke-dua pada penilaian pemanfaatan lahan pekarangan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) yang telah pernah menerima bantuan pemerintah tahun 2017 dan 2018. Kelompok Wanita Tani (KWT) ini sebelumnya telah melakukan penilaian tahap pertama yaitu secara adminstrasi dengan mengirimkan profil kelompok. Pada kesempatan itu Camat Lengayang Bapak Zoni Eldo menyampaikan apresiasi kepada KWT Kelok Indah. Walaupun penerima bantuan pemerintah tahun 2017 dengan jumlah bantuan hanya 15 juta rupiah, dengan kekompakkan semua anggota masih bisa aktif sampai saat ini untuk  menanam tanaman dengan pemanfaatan lahan pekarangan semua anggota.

Tim Penilai ibuk Deri menyampaikan bahwa dari 13 proposal kelompok yang masuk ke Dinas Pangan Propinsi hanya 8 kelompok yang dilakukan verifikasi lapangan, salah satunya KWT Kelok Indah ini. KWT Kelok Indah ini merupakan kategori verifikasi yang pertama dilakukan oleh Tim dari Dinas Pangan Propinsi. Salah satu kelebihannya adalah karena kelompok ini penerima bantuan tahun 2017 dengan jumlah bantuan 15 juta rupiah, sedangkan kelompok pada Kab/Kota lain yang dikirim penerima bantuan tahun 2018 dengan jumlah bantuan 50 juta rupiah.

Pada kesempatan itu ketua kelompok menyampaikan ekspose mulai dari pembentukan kelompok tahun 2014, memulai kegiatan dengan cara swadaya sampai saat ini masih eksis melakukan kegiatan dengan semua anggota, dan kelompok juga berharap agar kelpmpok ini kalau tidak akan menang juara pun  jadi. Penilaian yang dilakukan oleh Tim Propinsi ini meliputi penilaian administrasi pembukuan, keuangan dan peninjauan ke lapangan. Dari setiap ekspose yang disampaikan ketua KWT, setelah di cermati tim penilai Dinas Pangan Propinsi, ternyata semua profil yang disampaikan sesuai dengan hasil nyata yang ada di lapangan, dengan kata lain tidak ada profil yang dibuat-buat dan mengada-ngada.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Pangan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Ketahanan Pangan untuk Mendukung Kemandirian Pangan
© 2020 Dinas Pangan. Follow Me : Facebook Youtube