Headline News

header-int

Workshop/Koordinasi kegiatan ketahanan pangan Bantuan pemerintah Tahun 2019

Jumat, 05 Jul 2019, 13:50:20 WIB - 55 | Enggia Pradipta, M.Pd
Workshop/Koordinasi kegiatan ketahanan pangan Bantuan pemerintah Tahun 2019

Pada hari ini, Jum'at tanggal 5 Juli 2019, Kepala Sub Bagian Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan, Rahmi Hamda Sari, S.S.T selaku petugas monev bersama Kepala Seksi Ketersediaan Pangan selaku pelaksana kegiatan menghadiri pertemuan workshop/koordinasi kegiatan ketahanan pangan bantuan pemerintah tahun 2019. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Yuwirsyah Sekretaris Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat. Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk melatih kabupaten/kota untuk melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan melalui aplikasi e-monev. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah pengiriman data dari Kabupaten/Kota yang diteruskan ke Provinsi untuk selanjutnya disampaikan ke Pusat.

"Laporan bulan Juni sudah harus dikirim melalui aplikasi ini, karena berdasarkan evaluasi tahun 2018, pelpoaran yang disampaikan banyak yang tidak lengkap sehingga Provinsi Sumatera Barat memperoleh nilai yang kurang menggembirakan, hal ini disebabkan pelaoran yang tidak tepat waktu disampaikan ke Pusat" Imbuhnya. 

Dalam kesempatan yang sama beliau juga menyampaikan bahwa beberapa kabupaten/kota ada yang e-proposalnya tidak lolos disebabkan oleh tidak semua menu yang ada dalam e-proposal diisi dengan baik. Malahan ada 1 kabupaten/kota yang tidak lolos sama sekali eproposalnya. Untuk adanya sinergitas antara perencanaan dan pelaporan, maka diharapkan kepada petugas e-monev yang telah di SK kan oleh Kepala Dinas pangan Provinsi Sumatera Barat dapat berkoordinasi dengan pelaksana kegiatan untuk melengkapi data-data yang diperlukan dalam pengentrian nantinya. Begitu juga dengan Pelaksana kegiatan/pendamping Kabupaten harus juga berkoordinasi dengan pendamping kelompok. Pendamping Kabupaten bertanggungajawab dalam mengumpulkan laporan dan pendamping kelompok.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penginputan data pelaksanaan kegiatan adalah realisasi keuangan, realisasi fisik, data statis dan data dinamis. Yang paling penting adalah pendamping kecamatan harus memiliki open camera/panoramic/360'. Tugas dari petugas monev selain sebagai pengentry data juga menilai/membandingkan pelaporan bulan berjalan dengan bulan sebelumnya.  Laporan paling lambat disampaikan pada minggu ketiga (III) bulan berikutnya.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Pangan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Ketahanan Pangan untuk Mendukung Kemandirian Pangan
© 2019 Dinas Pangan. Follow Me : Facebook Youtube