Headline News

header-int

Sosialisasi dan Pembinaan kepada Pedagang Ikan dan Olahan Pangan

Kamis, 04 Jul 2019, 14:08:16 WIB - 37 | Enggia Pradipta, M.Pd
Sosialisasi dan Pembinaan kepada Pedagang Ikan dan Olahan Pangan

Rabu, 3 Juli 2019 telah dilakukan Sosialisasi dan pembinaan kepada pedagang ikan segar di pasar Kambang mengenai sampel pangan segar yang telah diambil  tgl 15 april lalu, sampel tersebut berasal dari air bangih yang dijual di pasar Kambang. Setelah diperiksa di Balai Laboratorium Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan di Bungus Padang, ikan tersebut positif mengandung formalin. Dinas pangan telah mensosialisasikan dan membina serta menyarankan kepada pedagang untuk tidak memperdagangkan ikan yang mengandung zat berbahaya tersebut, dan kami sudah memberikan surat teguran pertama dari Dinas Pangan dan pemberitahuan dari Bupati untuk tidak memakai atau menjual ikan yang berformalin tersebut.

Selanjutnya, pembinaan pangan segar juga dilakukan di Nagari Lakitan.dengan memberikan surat teguran terhadap penjual makanan dan olahan yang diambil sampelnya ditanggal yang sama dengan pasar Nagari Kambang. Makanan tersebut sudah di periksa oleh balai Besar Pengawas obat. Makanan tersebut positif memakai siklamat. Himbauan dari Bupati juga disampaikan kepada Pedagang agar tidak menjual produk pangan yang mengandung bahan berbahaya ini lagi.

Selanjutnya, pembinaan dilakukan terhadap pedagang ikan kering di Pasar air haji. Dinas Pangan juga telah memberikan surat teguran dikarenakan ikan kering tersebut positif berbahaya. Himbauan dari Bupati juga telah disampaikan kepada Pedagang agar tidak menjual produk pangan yang mengandung bahan berbahaya ini lagi. Hal ini dibenarkan oleh staf pengelola keamanan pangan segar dan jajanan anak sekolah, Rosi Nora Mailiza, S.IP yang mengantarkan teguran tersebut. Masyarakat menyambut baik karena kebanyakan dari mereka sebagai penjual tidak mengetahui adanya zat berbahaya yang terkandung di dalam pangan yang mereka perjualbelikan.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Pangan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Ketahanan Pangan untuk Mendukung Kemandirian Pangan
© 2019 Dinas Pangan. Follow Me : Facebook Youtube