Headline News

header-int

Rapat tindak lanjut pengawasan terhadap pedagang ikan di Dinas Pangan Propinsi

Kamis, 04 Jul 2019, 14:11:13 WIB - 31 | Enggia Pradipta, M.Pd
Rapat tindak lanjut pengawasan terhadap pedagang ikan di Dinas Pangan Propinsi

Pada hari Rabu tanggal 3 Juli 2019 Sekretaris Dinas Pangan Kabupaten Pesisir Selatan beserta Kepala Bidang Konsumsi Pangan dan Kasi Keamanan Pangan menghadiri pertemuan yang diadakan di  Dinas Pangan Propinsi Sumatera Barat dalam rangka tindaklanjut dan strategi pengawasan yang akan dilaksanakan terhadap pengolah, pengumpul dan pedagang ikan yang masih menjual ikan ikan yang mengandung formalin dan pestisida atau bahan berbahaya lainnya. Pertemuan ini dihadiri oleh  dinas pangan dan dinas perikanan dari 4 kab/kota yaitu kab.pessel, pasbar,agam dan kota padang yang telah diambil sampel ikan sebelumnya juga dihadiri oleh BPOM, balai pengujian perikanan dan pengujian pestisida.

Peserta pertemuan mengharapkan adanya balai pengujian pestisida untuk hasil perikanan sehingga hasil uji dapat diketahui dengan cepat sehingga tindak lanjut dapat dilakukan dengan cepat, peserta juga mengharapkan adanya tindakan yang dapat menimbulkan efek jera bagi pelaku usaha.

Dari hasil uji didapatkan ikan yang mengandung pestisida ada di kab pessel  1 sampel yaitu ikan leper dari sutera, dari kan agam 4 sampel, dari kab. Agam 4 sampel dan dari kita padang 1 sampel. Kabid KKP menyatakan akan mencarikan solusi atas permasalahan yang dihadapi di lapangan seperti mencarikan pengganti pestisida, mengusahakan bagaimana bisa melakukan uji cepat, serta membicarakan dengan badan badan terkait tentang kemungkinan dibentuknya balai pestisida untuk pengujian hasil ikan..

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Pangan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Ketahanan Pangan untuk Mendukung Kemandirian Pangan
© 2019 Dinas Pangan. Follow Me : Facebook Youtube