Headline News

header-int

Penilaian Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat Propinsi

Senin, 22 Jul 2019, 12:30:59 WIB - 53 | Enggia Pradipta, M.Pd
Penilaian Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat Propinsi

Jum'at, 19 Juli 2019 telah dilakukan penilaian oleh Tim Penilai Adhikarya Pangan Nusantara Tingka t Propinsi Sumatera Barat Tahun 2019. Penilaian dilakukan meliputi 4 jenis kategori yaitu:

  1. Kategori Pembina Ketahanan Pangan dicalonkan Bupati Pesisir Selatan (H. Hendrajoni, SH, MH)
  2. Kategori Pelaku Ketahanan Pangan (Kelompok Pemberdayaan Masyarakat ) dicalonkan Kelompok Batang Timbulun
  3. Kategori Pelaku Ketahanan Pangan (Usaha Pangan Olahan dan Tekhnologi Produksi) dicalonkan Kelompok Wanita Tani Poklahsar Kato Saiyo
  4. Kategori Pelayan Ketahanan Pangan dicalonkan Penyuluh Pertanian dengan wilayah binaan Lumpo a/n Saudara Afdiron Novindra

Keempat kategori ini telah dilakukan penilaian di Tingkat Kabupaten dan telah menjadi pemenang di Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Nomor 501/272/Kpts/BPT-PS/2019 tanggal 17 April 2019 tentang Penetapan Pemenang Lomba Adhikarya Pangan Nusantara Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2019.Untuk penilaian Kepala Daerah (Bupati Pesisir Selatan) dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat Bapak Effendi, MP di Ruang Rapat Bupati Pesisir Selatan.

Tim penilai Calon Adhikarya Pangan Nusantara dari Unsur Dinas Pangan Propinsi Sumbar, Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Sumbar dan Ketua Kontak Tani Nelayan (KTNA) Sumbar.

Kadis Pangan Propinsi Sumatera barat mengemukakan bahwa Bupati Pesisir Selatan merupakan salah satu Bupati sebagai nominasi penerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara bersama empat bupati/walikota di Sumatera Barat. Keempat Bupati dan Wali Kota yang menjadi dominasi penerima Adhikarya Pangan Nusantara tersebut adalah Bupati Tanah datar, Bupato 50 Kota dan Walo Kota Bukittinggi.

Pemenang utama dilanjutkan akan diusulkan sebagai Satya Lencana Pembangunan dari Presiden pada Pekan Nasional Tani yang akan dilaksanakan tanggal 20 s/d 25 Juni 2020 di Padang

Dalam paparannya dihadapan Tim Penilai Bupati Hendrajoni, mengemukakan komitmen dan kebijakan pembangunan di bidang pangan. Menurut bupati Peda Kabupaten Pesisir Selatan mempunyai dua jenis program unggulan di bidang pangan diantarannya Kawasan Mandiri Pangan dan Nagari Mandiri Pangan.

Kawasan mandiri pangan terdapat di kec. Air Pura yang terdiri dari lima nagari yaitu Inderapura Utara, Nagari Illalang Panjang, nagari Lubuk Betung, Nagari Teluk Kualo, dan Nagari Damar Lapan Batang.

Sedangkan Nagari Mandiri Pangan memiliki lima nagari yaitu nagari taratak Surantih Kec. Sutera, Nagari Sungai Tunu Utara Kec. Ranah Pesisir, Nagari kambang Utara Kec. Lengayang, nagari Inderapura Kec. Pancung Soal dan Limau Gadang Kec. IV Jurai

Penilaian selanjutnya di lakukan di Kecamatan Ranah Pesisir yaitu di Nagari Pasia Palangai yaitu pada Kelompok Wanita Tani Poklasar Kato Saiyo. Ketiga Calon berkumpul di KWT tersebut. Satu persatu calon melakukan persentasi mengenai capaian kegiatan yang menjadi unggulannya. Pada KWT Poklasar Kato Saiyo ada 4 (Empat) keunggulan olahan yang dilakukannya yaitu: Kerupuk Ikan, Lempok Pepaya, Randang Ikan dan Krispi Ikan. Dalam persentasinya diharapkan kelompok olahan pangan ini dapat memproduksi dengan olahan yang higienis.

Penilaian dilanjutkan pada Kelompok PUPM Batang timbulun yang dipimpin langsung oleh Bapak Buskamil. Dalam kesempatan ini PUPM Batang Timbulun diharapkan dapat meningkatkan produktifitas produksi padi dan kemasan serta dapat mempertahankan beras pasisia sehingga tidak diperjualbelikan oleh kabupaten/Kota yang lain yang mengatasnamakan beras dari Kabupaten yang lain.

Terakhir persentasi dilakukan oleh Saudara Afdiron Novendra dimana Afdiron Novendra merupakan Penyuluh Pertanian yang wilayah kerjanya di Kecamatan IV Jurai (Lumpo). Dalam pembinaannya Saudara Afdiro Novindra melakukan pembiaan pada salah satu KWT yaitu KWT Limau Gadang dimana KWT ini lebih giat dalam membudidayakan Tanaman Anjalai. Dimanan Tanaman anjalai ini dapat pengganti beras.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Pangan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Ketahanan Pangan untuk Mendukung Kemandirian Pangan
© 2019 Dinas Pangan. Follow Me : Facebook Youtube